Sabtu, 17 Agustus 2013

memory misteri cikuray garut

assalamualaikum wr.wb

     pada postingan kali ini saya mau menceritakan nih apa aja yg saya alami di gunung cikuray yaa lumayan lah buat di jadiin contoh buat kalian pendaki baru seperti saya ini krna saya juga pendaki gunung yg ke pertama kalinya ke gunung cikuray :D hehe okey tanpa banyak basa-basi dan mempersingkat cerita,langsung aja yuu baca artikel saya ini mudah-mudahan bermanfaat bagi anda :) selamat membaca







        pada tanggal 16 agustus 2013 kemarin,saya begitu ingin mencoba mendaki gunung.kebetulan sekali ketika itu seorang teman mengajak mendaki gunung bersama adiknya dan teman adiknya,tadinya sih kami mau nekat mendaki berdua saja karena teman kami yg agak sulit so artis susah untuk di ajak akhirnya teman saya pun mengajak adiknya bersama temannya.ketika kami bicarakan gunung cikuray yg akan di daki,saya begitu semangat krna perjalanan yg lumayan deket dan ini yg pertama kali saya mendaki gunung,saya ingin mencoba kemandirian ini.berangkatlah kami dr rumah sekitar pukul empat subuh,kami persiapan di malam sebelumnya yg lumayan komplit dengan menyewa beberapa peralatan camp (BAGI ANDA PENDAKI PEMULA SEPERTI SAYA DAN BELUM PUNYA PERALATAN CAMP,ANDA BISA MENYEWA PERALATAN CAMP NYA DI JALAN TUBAGUS ISMAIL DENGAN BIAYA YG CUKUP MINIM)NEXT ke jalur cerita...

             berangkatlah saya dari bandung dengan motor teman saya perjalanan memakan waktu kurang lebih tiga jam menuju ke cilawu dikarenakan gatau arah jalan dan sering nyasar karena ini pertama kali kami ke gunung cikuray,setelah sampai di cilawu kami berdua menunggu dua orang lagi yg ketinggalan lumayan jauh.dua teman kamipun datang menghampiri dan bersama-sama istirahat sambil mengobrol tentang perjalanan menuju cikuray. waktu menunjukan jam delapan pagi setelah bersama-sama beristirahat,kamipun melanjutkan perjalanan kami dari cilawu menuju pemancar memakan waktu kurang lebih dua jam di pertengahan jalan ini kami di berhentikan di karenakan membayar tarif hanya dua ribu rupiah saja,sepanjang jalan kami menikmati segarnya garut dan melihat indahnya kebun teh. setelah sampai di pemancar kami bersiap naik dari sekitar jam sepuluh dan jangan lupa sebelum naik kita membeli air yg satu liter setengah takutnya kekurangan air ketika diatas puncak soalnya sumber air hanya ada di sebelum pos satu itupun airnya kecil dari vipa yg bocor.setelahnya kamipun melanjutkan perjalanan menyusuri jalur berpasir kurang lebih tiga puluh menit setelahnya kamipun tiba di mana tempat awal pendakian menuju puncak cikuray...



  (awal pertama pendakian)




       kami mendaki terus melewati pos-pos pendakian yaa walaupun banyak istirahat nya hehe...ada enam pos dan satu puncak bayangan dari pos satu-enammemakan waktu sekitar tujuh jam dari pos enam sampe puncak bayangan kurang lebih limabelas menit sedangkan dari puncak bayangan sampe puncak cikuray memakan waktu sekitar kurang lebih satu jam saja :D kami baru sampai puncak bayangan setelah petang dimana gelap telah tiba,kamipun memutuskan untuk nge camp disini karena kami kehabisan tempat camp (itu juga tau dr yg nge camp di pos enam) kamipun segera mengeluarkan peralatan camp,ketika sedang memasang tenda disinilah hal yg tidak di inginkan terjadi berawal dari sayaketika mengikat tali tenda bagian belakang ke pohon ditemani senter kecil yg di simpan dari mulut ketika melirik kpd (ricky) saya melihat di belakangnya sesosok wanita berbaju putih muka gelap dengan tatapan mata yg sangat tajam sekali,saya pun mengalihkan penglihatan saya kpd dua teman saya yg sedang membenahi tenda bagian depan sambil muka yg pucat,saya pun tidak mau menceritakan di tempat apa yg tadi saya lihat,ketika tenda sudah jadi kami pun langsung masuk ke area tenda karena dinginnya yg tembus sampe tulang belulang setelahnya kami langsung makan,minum,merokok ketika semua sudah beres sambil santai merokok tali tenda bagian depan lepas dengan sendirinya dikarenakan angin masuk ke area tenda kedua teman saya pun membenahi ketika teman saya mengikat tali dia melihat sesosok mata seperti manusia tp anehnya berwarna hijau yg lama kelamaan menghilang dia pu segera masuk tenda dengan agak panik sedangkan teman yg satunya lg masih santai diluar karena tidak tau apa yg sedang terjadi..

waktupun menunjukan jam 9 malam terasa mencekam suasana ku rasakan begitu kelam firasatku mengatakan hal yg tidak-tidak saya pun memaksakan tidur karena ketakutan tp kami semua merasakan mendengar suara-suara aneh seperti ada yg lewat pke sendal jepit di belakang tenda padahal disitu ga ada jalan terus ada yg lempar-lempar apa gitu saya jg gatau ketika sudah merasakan itu saya pun tertidur terlebih dahulu..

       sekitar jam dua pagi saya di bangunkan dan langsung terbangun karena sudah tau posisi kami lalu kami memasak jahe yg di tumbuk sambil menenangkan hal yg tidak-tidak sekaligus untuk menghangatkan badan pastinya sambil merokok dong hehe..sekitar jam tiga pagi mulai terdengar suara-suara manusia kamipun masih terdiam sambil merokok dan minum jahe sambil berbicara untuk memutuskan jam empat subuh untuk menuju puncak cikuray setelahnya kamipun tinggalkan tenda dan membawa peralatan yg menurut kami penting,medan terjal yg kami lewati dari tempat camp menuju puncak cikuray lebih adrenalin dari pada pos-pos sebelumnya.(maaf saya tidak photo treknya) kamipun tiba di puncak cikuray jam lima dan beristirahat sejenak di bebatuan sambil menunggu matahari terbit,tak lama kemudian kamipun segera menuju pucak paling atas menyaksikan matahari terbit di antara bayangan gunung ciremai sama gunung satu lg gatau namanya hehe inilah yg membuat saya semakin mencintai alam.kami semua takan pernah berhenti mengagumi



 keindahan alam indonesia tepatnya garut west java :) (lautan awan :D hhe) ========================================================================


  (mantaps) =======================================================================

                                                                                  (di depan tenda orng laen:D hhe) =======================================================================

  (17 agustusan with #persibday ) ========================================================================

                                                                                   (mengibarkan sang merah putih sambil menyanyikan lagu indonesia raya) ========================================================================
















  (editan yaa pastinya bukan saya :D haha) =======================================================================

      itulah photo-photo bukti kalo saya benar-benar kesana hehe..setelah puas menyaksikan keindahan alam kami pun kembali ke tempat camp sekitar tigapuluh menit setelahnya sarapan pagi lalu beres-beres untuk turun kembali ke pemancar dr jam sembilan pagi ,selama enam jam kurang dikit kami sudah tiba di pemancar sekitar jam tiga sore.kami beristirahat sejenak dan menceritakan semua kejadian yg aneh selama nge camp setelahnya kami pun pulang dengan selamat :) disinilah akhir perjalanan yg tak pernah berakhir.TAKKAN TERHENTI DISINI KAMI AKAN TERUS MENDAKI DAN MENIKMATI INDAHNYA ALAM INI!!!


PERINGATAN:jangan pernah pongah/sompral di gunung cikuray tepatnya puncak bayangan jika kalian menggarnya maka akan merasakan apa yg kami pernah rasakan... selamat mencoba :)
sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi anda maafkan bila ada kekurangan atau berantakan dan saya tunggu komentarnya bebas tapi sopan menurut anda. keepsmile terima kasih sudah membaca postingan saya :D

wassalamualaikum wr.wb

61 komentar:

  1. Loba nu salah kata" na manya pucak lain puncak terus kagok ue nulis na pucuk pucuk pucuk
    "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮
    Jeng aya tulisan gelap pun datang .. Da urang mach teu milu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu Saya Jalan Kiarajanhot Dijalan ke pos 6 kak tejadi seperti cerita yang di atas

      Hapus
  2. setiap manusia mempunyai kesalahan yah, jd maafkanlah kesalahan saya :)
    keep smile

    BalasHapus
  3. Mantp gan,,,, jadi pengen mendaki juga hehehe

    BalasHapus
  4. Salam Lestari...

    Wah kang, alhamdulillah saat kami ksna tdk ada hal yg menyeramkan ...kami kesana bulan Juli 2013 jelang puasa, dan ini kisah kami di cikuray :
    http://ameningrum.blogspot.com/2013/07/gunung-cikuray.html?m=1

    Berbagi kisah pendakian itu menyenangkan ya...

    Tetap jaga gunung indonesia cantik dan bersih ya...

    BalasHapus
  5. ahim:coba aja gan,pendaki pemula emang banyak rintangan yg buat ngeluh hehe
    amelia:mungkin nasib orng beda2 teh hehe :D udh saya kunjungi blog nya teh,blog ny rapih bener.butuh berapa lama tuh edit postingan sampe rapi gituh hehe

    BalasHapus
  6. Drain : coba aja gan, nikmati indah nya alam ini tepatnya cikuray dst :)

    BalasHapus
  7. Wah keren gan, jadi pengen :)
    Salam lestari aja deh saya dari Bekasi

    BalasHapus
  8. Arwah rani yg hilang desrmber 2009

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. mas mohon maaf foto yang pakai bendera itu foto saya yang diambil dari blog

    http://farrygunawan.blogspot.com/2013/08/menikmati-panorama-gunung-cikuray-yang.html

    lain kali kalo mau ambil gambar ijin dulu atau minimal cantumin sumbernya ya mas :)


    salam...

    BalasHapus
  11. aben : silahkan dicoba :D waktu itu juga bareng sama rombongan bekasi da.
    dayu sari : korban yg terperosok ke jurang yaa?
    farry gunawan : kan saya udah cantumin coment di photonya mas. maaf bila salah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reny hilang dr tgl 20 desember 2009 hingga skrng belum ditemukan jasad nya dan ap pnyebabnya,,,,lokasi terakhir reni berada sekitar pubcak bayangan

      Hapus
    2. Reny hilang dr tgl 20 desember 2009 hingga skrng belum ditemukan jasad nya dan ap pnyebabnya,,,,lokasi terakhir reni berada sekitar pubcak bayangan

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. jadi pengen,, gan kalo pke motor,,, parkir motornya dimana?? ada tempat khusus bwt parkir motor ga???

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mantep gan.. insya allah 21 januari 2015 siap nyobain pendakian g.cikuray.. :D

    BalasHapus
  16. okee..doain yaa besok tanggal 26-28 mau nanjak cikuray, gue dri Bekasi 3 orng dan semua belum pernah ke cikuray :D kali aja mimin nya bisa kasih saran buat nanjak cikuray di musim penghujan kaya gini..
    salam rimba
    salam lestari

    BalasHapus
  17. saya pendaki pemula yg H-sebulan pengen g.cikuray pas baca ini jadi fifty2 mau ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp? Takut?bareng kita yu ke cikuray tgl 6-8 feb besok :)

      Hapus
    2. Sekedar saran, cuaca di garut sedang tidak bagus. Sebaiknya tunggu cuaca bagus, selain demi keselamatan juga biar bisa lihat pemandangan yang cantik.
      http://www.wartagarut.com

      Hapus
  18. Seram juga, tapi sukses buat pendakiannya. Lain kali coba trek cikajang lebih nanjak. Atau kita nanjak bareng. He
    http://www.wartagarut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info nya minggu minggu ini cuaca garut sudah baik kah? Soal nya ane mau naik tgl 9 nanti dari jakarta

      Hapus
  19. Mantap :)
    Salam hormat chika ddepok :)
    Pencinta alam :)

    BalasHapus
  20. Gunung Cikuray menyimpan pesona

    BalasHapus
  21. Gunung Cikuray pesona Garut, komentar balik dong di blog saya www.goocap.com

    BalasHapus
  22. Saya besok mau naik.ke gunung cikuray dan rencananya mau ngedaki malem.malem , kira kira gimana tuh ya ? Minta saran nya dong

    BalasHapus
  23. Wiih mantap..
    Besok tgl 3-5 saya mau kessana.. katanya di cikuray ga ada sumber air ya ? Terus kira-kira saya butuh berapa botol air untuk 5 orang ?
    Minta masukannya dong suhu.. makasih :)
    Salam lestari :)

    BalasHapus
  24. Keren mas. Pongah atau sompral tuh yang kayak apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pongah itu sombong
      Jdi kita tau bahwa jin,,syetan itu ada. .tp kita percaya aja sm allah

      Hapus
  25. Kang, pongah itu artinya apa ya kang?? Maaf saya gatau soalnya hehehe

    BalasHapus
  26. Kang, pongah itu artinya apa ya kang?? Maaf saya gatau soalnya hehehe

    BalasHapus
  27. Trek cikajang mantep tuh , bulan kemaren kita naik, mulai jam 4 sore nekat lanjut sampe puncak jm 12 malem , alhamdulillah ga nemu apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lah syetan jin. .cm bisa membuat manusia panik. .pdhl buat apa ada allah

      Kita bisa mengadu

      Hapus
  28. Tanggal 15 kita berangkat dari Sukabumi.. kalo ada yg mau nanjak juga kita ketemu disana.

    BalasHapus
  29. saya tgl 15 naek cikuray nih...cuma 3 org dari jakarta...

    BalasHapus
  30. Saya tanggal 15 naek cikuray, sampai ketemu disana

    BalasHapus
  31. Mantap bro setida memberi gambaran , insya alloh sabtu ini aku juga mo mendaki cikurai minta doa nya bagi yang baca dan tunggu cerita aku yaa hehe

    BalasHapus
  32. menurutku trek lebih enak yaa lewat cilawu-pemancar.. coba kalo mau lebih asyiik dan menantang lewat trek bayongbong, seruuu....

    BalasHapus
  33. gan boleh nanya?? kalo naik gunung cikurai sedang mens atau berhalangan boleh apa engga gan?? makasih infonya

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum..
    Cuaca di garut cocok tidak buat camp pertengahan bulan desember sekaramg?

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum..
    Cuaca di garut cocok tidak buat camp pertengahan bulan desember sekaramg?

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. 6 Gunung Paling Angker Yang Ada Di Indoensia

    4. Gunung Cikuray di Jawa barat

    Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi yang ada di Garut Jawa barat, tinggi gunung Cikuray mencapai 2.818 meter. Yang menjadikan gunung ini angker karena adanya makam keramat yaitu makam sesepuh Cikuray. Dipercaya jika petang menjelang sering muncul penampakan hantu perempuan dengan wajah gelap berbaju putih yang kerap mengganggu para pendaki.

    sumber : http://www.beritatrendz.com/2015/03/6-gunung-paling-angker.html

    berarti bener ya yg di alamin kamu

    BalasHapus
  38. Keren bro. .liat aja gw pasti berjelajah kesana.
    Thanks atas sarannya ya

    The next adventure 🙌👋👍👍

    BalasHapus
  39. Soal masalah hantu. .kita bukan menyepelekan. .kita semua manusi. .bahkan manusia yg percaya akan adanya allah niscaya hidupnya pun tenang. .asalkan kita bisa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya

    Hantu..jin..atw syetan sama" ciptaan allah

    BalasHapus
  40. wahh cerita yang bagus gan, gunung yang membuat saya melehoy ya gunung cikuray. kapan kapan kita bareng trip ke gunung papandayan yuk.

    BalasHapus
  41. tgl 15 April 2016 saya bersama teman2 ke cikuray, berangkat dr jkt mlm sampe terminal guntur sekitar jam 3 pagi. tgl 16 april sekitar jam 7 pagi kita mulai nanjak dr kiara janggot yg trek ny terjal abis. saking ga kuat nanjak lg sekitar jam 5 sore akhir ny kt putuskan untuk nge camp di pos 6 aja (pdhal wacana ny mo di pos 7 biar deket ke puncak). bangun subuh, beres2 tenda lanjut ke puncak berharap bs dpt sunrise. Singkat cerita hari minggu tgl 17 April sekitar jam 11 siang kita mulai turun lewat jalur pemancar (biar bisa merasakan jalur lain, jd ga tektok). karena hujan, akibatnya medan ny jd licin sehingga kami turun ny pelan2, di tambah kaki aku yg ga bs di ajak kompromi, mungkin krn nahan body yg big size ini bikin dengkul jd sakit dan suka gemetaran sendiri walaupun di area landai akibat ny badan jd kurang keseimbangan dan bener2 pelan banget jalan ny. setelah azan maghrib, kami melanjutkan perjalanan kembali. sampe di pos 2 atau 1 (lupa) bbrp meter di dpn, aku ngeliat sosok perempuan lagi duduk sendirian, pake baju putih, rambut panjang tp wajah ga jelas karena memang sdh gelap. mungkin krn efek lelah aku berpikir maka ny aku spt ngeliat sosok itu. aku coba kedip2in mata berharap sosok itu udh ga ada, tp ttp aja masih ada di situ. perasaan mulai ga enak. aku berusaha tenang, jgn sampe temen2 tau krn memamg aku ga pernah liat yg kayak gitu2an sblm ny, bisa di blg ini yg pertama aku melihat kayak gt. lgsg aku berdoa dlm hati meminta perlindungan dr Tuhan agar kami sll di jaga. setelah doa selesai aku liat lg bayangan itu sdh tdk ada. Puji Tuhan, doa ku di jabah. Karena aku sdh ga kuat untuk jalan lagi akhir ny aku di bantu oleh team relawan Pemancar di papah untuk turun, posisi saat di bantu itu kita sdh melewati pos 1. sampe di basecamp, ada pendaki perempuan yg lagi di tolong oleh orang pintar karena kemasukan roh Rany yg kata ny hilang di Cikuray thn 2009 akhir atau awal 2010 gt. Jadi info yg kita dpt kan dr org pintar itu, sebisa mungkin kalo ke Cikuray jangan 9 org, karena kalo 9 org besar kemungkinan akan mengalami nasib yg sama (yg kerasukan itu kebetulan personil ny 9 org).. itulah pengalaman yg aku alami waktu di cikuray. untung ny waktu ngecamp atau yg lainnya tidak ada yg aneh2. oh ya, sebagai info tambahan, pendakian ini adalah yg pertama buat aku

    BalasHapus
  42. Sy asli dri bayongbong garut persis dikaki cikuray,jika ingin mendaki baca doa dlu harus sopan jgn buang sampah sembarang,cikuray merupakah pusat kerajaan galuh,di pertengahan cikuray ada yg bernama bukit candi,hindari jalur itu bagian cikuray yg paling mistis jgn nekat,semoga selamat sampai puncak,wasalam mualaikum.

    BalasHapus
  43. Gan bsok gw mw ndaki gunung cikuray nih .😂😂😂

    BalasHapus
  44. tadi siang saya ke pemancar dari jam 8 s/d 9.30 naek motor. menurut saya naek gunung cikuray harus yang suda berpengalaman. belum aja sampe pamancar ada pohon jambu biji yauda saya berhenti dulu. saya mendengar ada orang yang ngobrol yang bisik bisik kepada saya. sebaiknya kalian membuat al quran atau sesua agama masing masing

    BalasHapus
  45. tadi siang saya ke pemancar dari jam 8 s/d 9.30 naek motor. menurut saya naek gunung cikuray harus yang suda berpengalaman. belum aja sampe pamancar ada pohon jambu biji yauda saya berhenti dulu. saya mendengar ada orang yang ngobrol yang bisik bisik kepada saya. sebaiknya kalian membuat al quran atau sesua agama masing masing

    BalasHapus
  46. Kemaren 17 Agustus 2017 Ke Cikuray Via Pemancar , Alhamdulillah Selamat;)

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah bukan sekedar cerita orang saja beberapa dari kami bahkan saya sendri dipertemukan dg sosok penunggu puncak atas yg berwujud manusia namun mukanya ya begitu"acanbinmaun"... Hhe
    Saya mendaki lewat jalur BATU KARUT jalur khusus warga kami(kp cinumpang)kurang lebih 5jm catatan jng lewat jam12 naik ny soalny setiap mau nyampe k. Pos 6 selalu nyasar pdhl beberapa menit lagi udah beberapa pasti gitu tp kalo ketemu ama yg diatas baru sekali pas kemaren 30.08.17... Takan terlupakan

    Wasalam

    BalasHapus
  48. Pengen banget naik gunung di Jawa barat. Cuma pernah sekali naik gunung Gede Pangrango. Memang banyak sekali kita dapat belajar dengan naik gunung. Sekedar berbagi pengalaman, saya pernah 2 kali naik gunung Merapi (via Selo) dan 2 kali juga berpapasan ada pendaki yg dievakuasi karena terjatuh karena track nya berbatu. Bahkan memang ada beberapa nisan/batu sebagai pertanda bahwa ada yg pernah meninggal disana. Pas saya naik sampai Pasar Bubrah, kabutnya begitu pekat, tidak ada vegetasi dan anginnya kencang..mirip di Mordor(LOTR). Harus hati-hati dan waspada, waktu itu pas sepi hanya ada 3 tenda yg ngecamp. Suasana normal seperti di lembah gunung, tp begitu masuk ke tenda terdengar diluar kok kayak rame gitu ato karena angin saking kencangnya. Hingga pagi pun masih putih berkabut.

    BalasHapus
  49. Masukan aja buat kawan yg mau naik,sy naik kecikuray thn 2003, kalau ragu ajak sj penduduk kaki gunung (kasih uang rokok) hal yg perlu diperhatikan yaitu air, krena air susah diatas puncak, sy dl kehabisan air pas dipuncak cuaca badai hujan, terpaksa masak indomie dengan air embun(hujan) dan untung memasak sy membawa blue gas karena api tdak bs menyala dengan minyak tanah, dan yg perlu diperhatikan pas turun hati" jalan setapak bwah jurang, saran sy kalau naik diberi tanda dipohon dengan tali(rafia) agar kalau turun bs mudah mengenali tidah kesasar. Itu saja saran dr ane

    BalasHapus